Kamis, Januari 29, 2009

Pengalaman Instal ACER 2930z

Alhamdulillah, mungkin rasa syukur itu yang memang harus aku ungkapkan dan ucapan terima kasih yang banyak banget buat Pak Dian Apriyanto (http://mdianapriyanto.wordpress.com) yang telah membeberkan ilmu dan pengalamannya. Ceritanya begini, aku ama temenku beli ACER tipe 2930z dan aku sekaligus disuruh untuk install laptopnya. Dari windows dan program lainnya berjalan dengan 100% lancar, nah….pas install w-lan, aduh pusing tujuh keliling. Dah aku utak-atik tuh semua driver yang ada. Aku coba update driver berkali-kali, bahkan sempet aku pancing pake driver 4720z. Tetep aja tuh w-lan gak mau nyala. Aku coba tanya sana-sini ama yang pinter kompi, tetep aja nihil. Rasa penasaran yang tinggi membuat aku coba tanya sama pakarnya segala informasi si MR. GOOGLE. Gak pake hitungan jam, aku dapatkan tuh driver, dan setelah aku update lagi pake driver hasil download, nyala dengan suksesnya tuh w-lan.


Dan sedikit catatan buat rekan semua bahwa tidak semua driver software yang disediakan oleh cd/dvd driver bawaan laptop acer sesuai dengan driver hardware yang ada di laptop, yang sering terjadi driver pada wireless lan (WLAN) Acer kadang berbeda dengan yang di sediakan (kenapa ACER kayak gitu yach…)
Pada kasus saya misalnya ketika menginstall driver WLAN di Laptop Acer 2930z itu menemui kendala, karena ternyata berbeda dengan WLAN harware yang ada di laptop, maka sebaiknya ketika menginstalasi Wireless LAN (WLAN), lihat dulu hardware yang digunakan yang terdapat di bawah laptop Acer anda, biasanya di situ tertera tulisan Merk dari WLAN driver beserta model nya. Biasanya merk yang digunakan antara lain atheros, broadcomm, dan intel.
Pada kasus Acer Aspire 2930z yang saya install itu menggunakan Atheros AR5B91, yang akhirnya saya temukan driver WLAN Acer 2930 z nya dialamat ini :
http://www.atheros.cz/download.php?atheros=AR5B91&system=1
http://www.atheros.cz/getfile.php
Okey, sekian dulu coretan dipagi ini dan selamat mencoba w-lan acer 2930z. Jangan pernah putus asa karena setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Salam sukses selalu…….

2 komentar:

astikaputra mengatakan...

Wah bener banget brow..........ne untung aku buka web mu neh...thk banget yah...........aq da pusiing ne nyari2 driverny......uda ada 10 driver aq download dari webnya acer ga ada yang bisa........

CahBanjar mengatakan...

makasih juga kang atas kunjungannya, dan selamat memakai driver w-lan.