Selasa, Februari 03, 2009

Tips Mengamankan Laptop Dari Pencuri


Kehilangan laptop / notebook yang harganya jutaan memang sesuatu yang menyebalkan sekaligus menyedihkan, apalagi di dalam hard disk laptop tersebut mengandung data-data penting pribadi maupun perusahaan. Rasanya apabila ketemu dengan maling yang nyolong ingin memberi pelajaran dan mengirimnya ke hotel prodeo alias penjara tembok derita.
Untuk itu melakukan tindakan pencegahan jauh lebih baik ketimbang melakukan tindakan mengobati. Sama halnya dengan menjaga laptop kita dari nafsu pencuri, kita sebaiknya melakukan hal-hal yang mengurangi resiko notebook kita kemalingan, yaitu :
1. Jangan Menarik Perhatian Pencuri
Terkadang kita gengsi juga sehingga kita suka pamer laptop dengan menggunakannya di restoran, cafe, rumah makan, tempat hiburan, pinggir jalan, dalam mobil, kampus, sekolah, teras, warnet, perpustakaan, dan lain sebagainya. Membuat laptop terlihat murah adalah salah satu cara untuk mengurangi nafsu bejad si maling. Kalau maling melihat laptop lusuh, model tua, murahan, sering eror, dari segi ekonomi mungkin para pencuri akan gak ingin mencurinya. Tapi kalau sudah berhubungan dengan data yang diincar penting ini lain ceritanya.


Tempat penyimpanan laptop / notebook juga penting untuk diperhatikan. Tas laptop biasanya kotak dan dijinjing atau di selempangin di pundak. Pakai saja tas yang dirancang khusus untuk laptop tapi orang awam akan mengiranya itu tas biasa yang isinya gak penting banget sperti tas ransel, tas mudik, tas piknik, tas bentuk boneka, dan lain sebagainya.
2. Identitas Fisik Dan Digital Laptop/Notebook Anda
Beri label yang sukar untuk dicopot pada fisik laptop dan tas laptop anda untuk memudahkan orang lain dalam membantu anda mencarinya apabila hilang. Pada os komputer anda pasang saja wallpaper yang ada tulisan data pemilik laptop tersebut dan pesan apabila ditemukan orang lain harap dikembalikan ke pemiliknya. Dan juga masukkan pesan data pemilik laptop anda di software / file lain yang sering dibuka orang. Apabila laptop berpindah tangan ke orang baik, maka kemungkinan notbook kembali ke tangan anda semakin besar.
3. Jaga Dengan Penuh Perhatian Dan Jangan Teledor
Anggap saja laptop anda adalah bagian dari hdup anda sama halnya dengan handphone / hp / ponsel anda. Perhatikan terus fisik laptop anda apabila dipergunakan di tempat umum dan jangan ditinggal-tinggal. Apabila kendaraan anda tiba-tiba mogok atau bocor ban maka bawa saja laptop anda bersama anda.
Berikan password yang sukar untuk ditebak dan memiliki tingkat keamanan yang tinggi dengan memasukkan karakter angka dan simbol seperti !@#$%^&*()-_+= dan lain sebagainya. Beri pasword user access dan pada bios laptop anda agar pencuri akan mengalami kesulitan untuk menggunakan atau menjualnya ke tangan lain.
Jika perlu ikut asuransi laptop agar jika hilang kita bisa melakukan klaim dan minta pergantian laptop. Dengan begitu kerugian kita akan semakin kecil jika kejadian laptol ilang menimpa kita.
4. Menjaga Data-Data Penting Dari Gangguan Penjahat
Jika anda data penting dalam laptop anda baik bersifat pribadi maupun bisnis perusahaan sebaiknya anda sering-sering melakukan backup secara berkala. Burn / bakar saja data-data dalam hard drive notebook anda ke cd atau dvd yang berkualitas dan pindahkan ke komputer lain yang aman, agar jika hard disk rusak atau hilang kita masih ada penggantinya di rumah atau di kantor.
Jika memang data bersifat sangat rahasia dan tidak ingin diketahui orang lain maka anda harus melakukan enkripsi / encrypt data file anda serta di password protect agar orang lain tidak bisa membukanya jika jatuh ke tangan orang lain.
Sumber : http://organisasi.org/

Tidak ada komentar: