Rabu, Maret 18, 2009

Tips Menanggulangi Virus Yang Semakin Mengganas

Dari zamannya dulu (nenek moyang kita…) ketika computer masih under DOS, penyebaran virus telah merajalela dengan semangat yang menggelora kayak perjuangan kita (semangat 45, kata orang…) Pada saat komputer masih berdiri sendiri-sendiri alias belum terhubung ke jaringan kayak sekarang, penyebaran virus tidaklah seberbahaya saat ini dimana penyebaran virus kebanyakan melalui media disket-disket yang saling dipertukarkan. Masih ingat khan, kala kita pakai disket yang 5 ½ (gede banget ukurannya dan kayaknya dah jadi barang langka tuh..), trus disket yang 3 ½ kayak yang kita temukan saat kini.
Seiring perkembangan komputer yang saking cepatnya dimana pemakai di suguhi dengan berbagai teknologi yang sangat canggih dan memanjakan pemakainya, tips penanggulangan virus yang masih di percayai sebagaian besar masyarakat kita sebenarnya sudah tidak berlaku sepenuhnya lagi. Nah…beberapa tips terbaru ini bisa anda gunakan untuk menghindari diri anda menjadi korban virus-virus yang semakin cepat penyebarannya di dunia computer. Mari kita galakan gerakan pembasmian virus secara nasional….. (kampanye masih lama he…..).


1. Gunakan Anti Virus yang terupdate
Penggunakan antivirus tentunya sudah menjadi hal yang biasa dan dari dulu memang telah digunakan. Tapi yang perlu kita ketahui adalah sampai saat ini tidak ada satupun antivirus yang bisa membasmi dan mendeteksi semua virus yang beredar di pasaran. Terlebih lagi virus-virus baru selalu muncul dengan teknologi yang selalu di perbaharui dan saling berlomba dengan program anti virus. Untuk itu sudah menjadi keharusan bagi anda untuk menggunakan program antivirus dan selalu melakukan update definisi virus terbaru dari program antivirus anda yang mungkin jarang anda lakukan dulunya.
Kenapa harus selalu di update ? karena antivirus anda kemungkinan tidak mengenali virus atau worm terbaru sehingga biasanya produsen program antivirus seperti Symantec, F-secure, CA, dll selalu menyediakan update informasi pada program antivirus mereka agar bisa mengenali virus yang sedang beredar. Update definisi virus ini bisa saja terjadi setiap harinya, sehingga anda harus rajin-rajin melakukan update jika memungkinkan.
2. Cek selalu informasi kelemahan terbaru
Sudah menjadi keharusan juga untuk selalu mengecek informasi dari setiap software yang kita gunakan. Misalkan jika kita menggunakan produk microsoft maka sudah menjadi keharusan bagi kita untuk mengikuti mailing list dari microsoft mengenai masalah keamanan serta update terbaru dari produk mereka. Dengan selalu melakukan update, komputer kita akan semakin kecil terserang oleh virus-virus atau worm.

3. Tidak melakukan boot dari sembarang CD atau disket
Semua yang anda lakukan akan sia-sia jika anda melakukan booting dari CD ataupun disket, karena begitu anda melakukan Boot dari CD yang bervirus, komputer anda dengan antivirus yang paling canggihpun akan percuma. Untuk itu usahakan untuk merubah sistem pada BIOS anda agar tidak melakukan boot dari CD untuk menghindari ketidak sengajaan karena CD yang masih terdapat dalam CDROM. Ketika anda membutuhkan boot dari CD, anda tinggal mengaktifkan fasilitas boot dari CDROM.
4. Hilangkan autorun
Beberapa kelebihan yang diberikan program yang anda gunakan bisa menjadi suatu bumerang buat anda. Hal ini seperti fasilitas autorun pada windows yang akan menjalankan program secara otomatis ketika anda memasukkan CD kedalam CDROM. Memang ini merupakan fasilitas yang sangat menyenangkan karena ketika kita memasukkan cd lagi, otomatis lagu akan di putar untuk kita. Ketika kita memasukkan CD program, maka secara otomatis program instalasi akan muncul sehingga kita hanya perlu klik tombol next dan tidak perlu mencari-cari program yang akan dijalankan. Tapi hal ini juga dimanfaatkan oleh virus di CD yang akan menjalankan dirinya sendiri tanpa kita ketahaui. Untuk itu anda sangat disarankan agar menghilangkan fasilitas ini. Untuk menghilangkan fasilitas autorun pada CD :
1. Control Panel, system
2. Device Manager
3. CDRom
4. Autoinsert Notivication
Semoga dengan sedikit tips ini bisa menghindarkan anda (termasuk saya tentunya…) menjadi korban dari penyebaran virus komputer yang semakin meningkat setiap harinya. Komputer bisa saja di format ulang tapi data anda dan waktu yang terbuang tentunya belum bisa dihargai bukan?
sumber : http://jasakom.com, http://rajaraja.com/

Tidak ada komentar: