Rabu, Maret 18, 2009

Tips Merawat Laptop


Selamat siang dan selamat berjumpa lagi dengan cah purwokerto ini, setelah sekian lamanya aku absen nggak nongol di blog ini. Yach.. biasa lah alasan klasik sibuk.., sibuk dan sibuk.. Padahal alasan utamanya adalah sifat males…Dalam postingan ini saya akan membahas bagaimana cara merawat laptop yang mungil dan super canggih itu dengan benar,agar kinerjanya tetap stabil dan berumur panjang. Coretan ini aku ambil dari blognya mas Madim di http://madim.wordpress.com. Nah berikut tips dan triksnya :
1.Apabila akan menggunakan laptop seharusnya pilih tempat yang nyaman dan bersih, karena tempat yang kotor dan berdebu akan lebih cepat mengotori hardware laptop, jadi bersihkan laptop secara berkala. Apabila anda mengoperasikan laptop ditempat yang empuk seperti kasur atau yang lain usahakan laptop diberi alas berupa papan atau apa saja yang sekiranya bisa memudahkan sirkulasi udara yg masuk kedalam laptop, karena kalau celah sirkulasi udara tertutup maka suhu laptop akan naik dan akan memperlambat kinerja laptop dan juga bisa mengakibatkan hang.
2. Jauhkan laptop dari medan magnet yang kuat, bahan cair dan sumber panas/dingin yang berlebihan atau perubahan suhu yang ekstrim.


3. Menurut pengamatan, laptop yang paling mudah dan cepat rusak adalah harddisk dan lcd atau dengan kata lain display/layar. Kerusakan yang menimpa harddisk diakibatkan benturan atau terjatuh.sedangkan lcd dikarenakan terpapar sinar matahari dan tekanan fisik, maka dari itu hindari menaruh barang berat diatas laptop.
4. Jangan menaruh minuman atau bahan cair lain berdekatan dengan laptop, tumpahan cairan terhadap laptop akan mengakibatkan kerusakan.
5. Getaran adalah musuh laptop juga, jauhkan dari sound system, mesin/kendaraan berat dan sumber getaran yang lainnya.
6. Jika anda ingin memindahkan laptop janganlah sekali-kali mengangkat dengan memegang layar/display, angkatlah dari bawah keyboard atau body laptop.
7. Keluarkan keping cd atau dvd jika tidak diperlukan dan jangan lupa tutup kembali dvd drive/dvd roomnya, untuk memperpanjang umur dvd room.
8. Apabila anda mencolokkan hardware external baik itu berupa usb, kabel LAN, kabel telephone atau yang lain sebaiknya harus perlahan dan hati-hati, karena kawat didalamnya mudah bengkong dan bahkan mudah patah.
9. Software juga harus dilakukan perawatan diantaranya : mengupdate secara berkala sofware penting seperti antivirus dsb agar windows lebih optimal, menscan system secara berkala, buang data-data yang tidak penting, uninstall program yang tidak lagi digunakan, lakukan disk cleanup secara berkala, matikan fitur-fitur yang tidak penting.
10. Berikan password baik di cmos/bios atau password pada user windows agar windows atau file tidak diacak oleh orang lain.
11. Jangan mengoperasikan laptop ditempat-tempat umum seperti terminal bus, stasiun kereta api, bandara, super market dll, agar terhindar dari pencurian, perampasan bahkan perampokan.
12. Gunakan tas yang khusus untuk laptop, pilih tas yang ada bahan busa/spon, agar pada saat ada benturan tidak langsung kontak pada laptop.
13.Pergunakanlah power battery disaat-saat tertentu saja.
14. Charger juga harus ditangani dengan benar, jangan sampai jatuh, jangan sampai hilang, jangan dicolokkan kelistrik pada tegangan tinggi kalau perlu pakailah stavolt(pengatur tegangan) agar tegangan listrik stabil, kabelnya juga harus diatur jangan sampai bikin orang tersandung atau tertarik yang memungkinkan laptop ikut tertarik dan terjatuh.
15. Jauhkan laptop dari jangkauan anak-anak, dan jangan sampai buat mainan anak-anak yang belum bisa mengoperasikan computer, karena akan beakibat fatal. Nggak percaya….coba aja sendiri dan siap-siap laptop anda akan ada kerusakan…….
Apabila tips diatas diikuti maka dijamin laptop anda akan berumur panjang, mudah-mudahan……..
Sumber : http://madim.wordpress.com

Tidak ada komentar: