Sabtu, Desember 25, 2010

Belajar Mencintai


Keinginan mencapai kesempurnaan adalah dambaan semua orang. Keinginan untuk sempurna menjadikan manusia menempuh berbagai macam cara. Banyak yang berhasil, namun tidak sedikit yang justru menjauh dari kesempurnaan.
Kesempurnaan hakikatnya tidak akan pernah ada sebelum kita belajar mencintai sesuatu yang tidak sempurna. Kata kuncinya adalah CINTA dan KETIDAKSEMPURNAAN. Ketika kita lahir, kita sebagai makhluk yang tidak berdaya, lantas menjadi sempurna seperti sekarang (sehat dan kuat). Kenapa? semuanya dengan cinta dan kasih sayang. Bayangkan jika orang tua kita tidak diberi cinta, kita sudah dicekik karena hanya memberikan rasa sakit dan kerepotan saja.
Cinta akan memberi kekuatan kepada seseorang untuk mengejar apa yang ia harapkan. Pernahkan kita dengar kata-kata “tingginya gunung akan aku daki, dalamnya lautan akan aku seberangi” Padahal belum tentu dia bisa berenang. Cinta yang membuat seseorang yang lemah menjadi kuat, malas menjadi rajin, pecundang jadi pemberani, bahkan siap mengorbankan nyawa. Cinta adalah kekuatan yang luar biasa.
Cinta membuat sesuatu yang tidak sempurna menjadi nampak sempurna. Dimata seorang kekasih, wanita pujaannya adalah yang tercantik. Dimata orang tua, anaknya adalah yang terhebat. Walaupun wanita itu tidak cantik dan anaknya tidak hebat, tapi karena cinta, semuanya jadi nampak sempurna.


Lantas apa hubungannya dengan kesuksesan bisnis online? Ketika kita ingin berbisnis online, pertanyaannya, apakah bisnis online yang kita jalankan sempurna bagi kita? Pasti tidak, karena kita belum mendapatkan apapun. Alhasil bisnis online itu bagi diri kita sendiri masih bayi alias belum sempurna.
Begitu pula dibisnis konvensional, ketika kita ingin mendirikan usaha penerbitan sendiri misalnya untuk buku-buku karya kita, apakah penerbitan itu sempurna bagi kita? Tentu tidak. Dan masih banyak contoh lainnya.
Bagaimana agar bisnis itu sempurna bagi kita, bukan hanya memberikan banyak pengalaman tapi membikin kantong kita tebal? Tidak ada jalan lain kecuali kita harus MENCINTAI ketidaksempurnaan bisnis itu agar kelak sempurna. Caranya, rawat baik-baik, pelajari sungguh-sungguh, jalankan sepenuh hati, pantang menyerah, dan berdoa. Dan sempurnalah bisnis itu.
Tanpa cinta, bisnis apapun hanya jadi bagian dari masalah kita atau pelengkap penderitaan saja. Bisnis itu berat kawan. Mustahil akan besar tanpa cinta. Apakah kita akan membunuh bisnis itu dari semenjak bayi atau merawatnya hingga membesar, itu bergantung seberapa kadar cinta kita.
Perlu ditanamkan bahwa menumbuhkan cinta pada pekerjaan atau bisnis tidak mudah. Karenanya kita harus BELAJAR. Ya belajar mencintai. Belajar mencintai sesuatu yang tidak sempurna dengan cara sempurna agar sesuatu yang dicintai dan kita yang mencintai kelak akan menemukan kesempurnaan alias kesuksesan.
Sumber : http://www.tohanasrudin.com

Tidak ada komentar: