Sabtu, Desember 25, 2010

Tahapan Membangun Bisnis Pemasaran yang Sukses


Apakah memasarkan produk lewat internet itu sulit? Sebagian dari kita (termasuk saya) atau terutama yang baru belajar internet mungkin akan bilang kalau melakukan pemasaran itu tidak mudah. Wah…, susah mas, saya sudah mencoba untuk jualan lewat internet, namun belum tembus juga. Bagaimana cara-caranya…? Silahkan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Tentukan tujuan. Apa tujuan pemasaran internet kita? Sebagian besar mungkin akan menjawab untuk jualan dan menghasilkan uang. Tapi maksud saya adalah apakah tujuannya untuk meningkatkan penjualan semata atau ada tujuan lain yang ingin kita capai seperti dengan meningkatkan awareness terhadap produk anda? Atau mungkin kita juga lebih bertujuan untuk mengedukasi pasar? Atau itu sebagai bagian dari bentuk support kita terhadap konsumen?
Tetapkan terlebih dahulu tujuan yang ingin kita capai dengan melakukan pemasaran lewat internet.
2. Pahami pasar di internet. Amati bagaimana situasi pasar yang sedang kita bidik. Lihat, dengarkan, dan catat apa yang terjadi di sana.


3. Strategi. Tujuan sudah punya, dan kita sudah mencoba melakukan riset pasar, berikutnya kita perlu punya strategi bisnis internet untuk melakukan pemasaran lewat internet. Siapkan beberapa strategi yang diharapkan mampu mewujudkan tujuan kita itu.
4. ACTION-kan. Selanjutnya terapkan strategi-strategi yang telah kita siapkan. Apakah kita akan menggunakan tool seperti blog, atau lewat microblogging macam Twitter atau mungkin social network terpopuler Facebook, jalankan satu persatu.
5. Evaluasi. Sambil kita menjalankan strategi pemasaran internet tersebut lakukan evaluasi hasil dari tool yang sudah kita jalankan. Apakah berhasil seperti reseller bisnis yang mampu membuat keywordnya menduduki posisi nomor satu di Google misalnya. Atau jika belum, apa persoalan yang muncul? Kenapa hal tersebut terjadi dan yang terpenting bagaimana solusinya?
Contohnya dari pemasaran internet lewat blog misalnya, muncul persoalan bahwa belum mampu menembus target market seperti yang diinginkan. Penyebabnya karena traffic yang dihasilkan tidak tertarget. Lalu bagaimana solusinya? Traffic tidak tertarget salah satunya bisa disebabkan karena ‘salah jalur’. Sehingga pesan yang ingin kita sampaikan tidak sampai ke market yang sesuai.
Salam sukses selalu….
Sumber: http://www.jokosusilo.com

Tidak ada komentar: