Selasa, Juni 09, 2009

SEBERAPA STRES KAH ANDA ?

Tahukah anda bahwa menurut penelitian, sebagian besar penyakit yang diderita manusia saat ini disebabkan oleh STRES. Dahulu kala kalau ada orang yang menderita sakit mag biasanya disebabkan oleh telat makan tapi saat ini mayoritas penyebab sakit mag adalah STRES, begitu pula dengan kebiasaan buruk seperti merokok, makan berlebihan, minum minuman keras, narkoba, penyakit jantung, stroke, darah tinggi dan penyakit berat lainnya disebabkan oleh STRES.
Dibawah ini ada beberapa kategori yang bisa dimasukan ke dalam kriteria dan tanda-tanda seseorang yang mengalami stress. Pesan sponsor hati-hatilah dan waspadalah...
1. Mudah tersinggung. Misalnya salah seorang sahabat kita yang sudah biasa kita sebut dengan panggilan “kurus” dan gak pernah marah. Tiba-tiba menjadi seperti kebakaran jenggot waktu kita sebut dengan panggilan itu.

2. Suka melawan atau membantah. Apa pun yang kita bicarakan dengan orang itu seolah-olah masuk ke kuping kiri dan keluar ke kuping kanan.

3. Murung dan menutup diri. Biasanya ceria, suka kejar-kejaran dan guling-guling ke sana kemari (hehe) tiba-tiba berubah menjadi pendiam. Seperti memiliki dunianya sendiri.

4. Melakukan hal-hal yang negatif (merokok berlebihan bahkan mencoba narkoba). Wah… kalau ini sih udah taraf gawat darurat. Segera deh melakukan tindakan pengamanan.


5. Merasa tidak nyaman dan gelisah berkepanjangan. Jadi selalu merasa ada saja yang kurang. Padahal semua normal-normal saja.

6. Cemas yang berlebihan. Tau istilah “parno“??Nah, itu dia. Jadi seperti mendapatkan suatu masalah yang serius banget. Tingkat kecemasannya seperti akan terjadi perang dunia ke III (kalo ini sih lebai….berlebihan banget, he).

7. Sulit berkonsentrasi. Sulit karena terus-menerus memikirkan masalah yang dihadapi. Saat lagi ujian kalkulus malah jawabannya berisi curhatan masalah hidup (ini sih gak nyambung banget!!)

8. Susah tidur. Seperti sudah minum 1 galon kopi buat begadang.

9.Tegang. Seperti orang-orang yang mau mengungkapkan cinta (cihuii). Dag.. dig.. dug rasanya.

10. Merasa tidak aman (takut), dll. Ini dikarenakan dikejar-kejar sama masalah.

Sumber : ciez90.wordpress.com
Nah, kalau anda mengalami 5 ciri di antaranya, hati-hati lho. Itu mungkin sudah memasuki taraf STRES. Tapi jangan putus semangat dulu, stress bukan penyakit yang nggak ada obatnya. Yakinlah bahwa stress bisa disembuhkan dan salah satu obat yang paling mujarab adalah mendekatkan diri sepenuhnya pada Allah SWT. Tingkatkan iman dan ibadah kita, Insya Allah stress akan hilang dengan sendirinya.....

Tidak ada komentar: