Kamis, Desember 04, 2008

Dosen Ngeblog, Kenapa Tidak?

Sangat menarik dan menggelitik membaca cerita dan tulisan mas Romi di web site beliau yang judulnya aku ambil sebagai judul coretan ini pula. Dan Aku pikir di era globalisasi ini, era informasi dan era-era lainnya , memang sudah saatnya dosen dalam berinteraksi dengan mahasiswanya memakai media yang lebih segar dan fresh tidak melulu monoton dengan tatap muka di kelas. Dengan media blog, mahasiswa bisa kuliah dengan santai sambil menghirup kopi hangat dan pisang goreng panas di kamar kos atau santai di kafe. Aku kutipkan tulisan lengkap beliau, kayak gini :

Bapak Yudi Sutarso, salah seorang dosen STIE Perbanas Surabaya menggunakan blog sebagai sarana diskusi dan komunikasi khususnya untuk mata kuliah yang diajar, yaitu tentang pemasaran (marketing). Banyak studi kasus yang beliau sajikan di blog untuk dibahas berhubungan dengan berbagai konsep dan teori marketing, diantaranya misalnya tentang majalah Playboy, tentang kekerasan di IPDN, dsb. Bapak Sasongko Budi juga mulai aktif menulis blog untuk mendukung mata kuliah yang diajar, situsnya bahkan diberi nama unik yaitu theAkuntan.Com.


Geliat dosen untuk ngeblog saya pikir sesuatu yang positif dan harus didukung. Dan tentu lebih menarik lagi kalau dosennya bukan orang yang berlatar belakang computer science. Bapak Rohmat Sarman sepertinya juga pernah bahas tentang tentang dosen ekonomi yang ngeblog. Perlu di garis bawahi bahwa di era globalisasi kekinian yang sering disebut oleh Thomas Friedman sebagai globalisasi versi 3, karakter individu untuk sharing knowledge ataupun open mind kepada mahasiswa dan publik adalah suatu kebutuhan. Keuntungan untuk mahasiswa atau publik sudah jelas, bahwa mereka bisa mendapatkan warisan ilmu dari para dosennya. Untuk dosen keuntunganya adalah karena mereka akan mendapatkan feedback dari publik untuk semakin lebih mematangkan ilmu. Keuntungan lain adalah semakin terbentuknya image atau brand dosen berhubungan dengan kompetensi terhadap suatu bidang ilmu.

Dosen ngeblog? Bagus, bagus dan bagus serta perlu ditingkat kembangkan. Mari kita galakan kemauan dosen untuk ngeblog. Buat Pak Romi, kulanuwun pak, artikelnya aku ambil buat tulisan di blog ini

Sumber : http://romisatriawahono.net/2007/04/30/dosen-ngeblog-kenapa-tidak/

Tidak ada komentar: