Sabtu, Desember 06, 2008

Hebat! Komputer Pun Bisa Menebak Usia Orang

WASHINGTON - Teknologi yang dikembangkan manusia untuk meningkatkan kecerdasan komputer ternyata jauh melesat dari apa yang dipikirkan manusia selama ini. Sebuah eksperimen yang dilakukan lllinois University, Amerika Serikat, telah berhasil mengembangkan komputer yang bisa mendeteksi usia si penggunanya.

Para ahli komputer di lllinois University beberapa waktu lalu telah menciptakan sebuah software pada komputer yang mana dapat mengidentifikasikan wajah pengguna komputer secara cepat, lalu memberi tahu berapa usia pengguna tersebut.


"Menghitung umur sangatlah sulit. Jika anda menggunakan wajah sebagai patokan usia, maka software kami bisa mengatakanya dengan tepat," tukas Thomas Huang Ketua eksperimen ini.

Huang menjelaskan bahwa software hasil kembangannya timnya itu dibuat dengan cara melatih algoritma komputer mereka dalam melihat 1.600 wajah orang yang berbeda dari lima gambar yang disediakan, dan total gambar yang diperlihatkan sebanyak 8.000 buah.

Untuk mengukur usia seseorang, mereka telah mensettingnya dari umur 1 tahun hingga 93 tahun. Setelah software dipasangkan di komputer, mereka akan mengidentifikasi muka seseorang yang diinginkan. Setelah itu mereka mencari ribuan database muka yang telah terekam, setelah mencocokan, komputer akan memberitahu presentase umur yang paling mendekati.

Komputer yang bisa menebak usia ini menurut para pengembang sangat cocok dengan para wanita. Biasanya, para wanita yang sudah berumur akan habis-habisan melakukan makeup agar bisa nampak lebih muda. Nah, komputer tersebut akan meneliti serta mencocokan sejauh mana make up tersebut membuat wanita itu nampak muda.

"Perempuan sering melakukan make up untuk nampak muda. Komputer kami akan mencocokan sejauh mana wanita itu nampak muda," tambah Huang, seperti yang dilansir dari Big News Network, Kamis (30/10/2008).

Software ini oleh para pengembangnya diklaim mampu memberi tahu usia seseorang dengan tingkat keakuratan hingga 80 persen. Huang mengatakan softwarenya tersebut sangat membantu bagi perempuan dalam menentukan make up yang tepat untuk membuatnya nampak muda.
(srn)
http://techno.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/10/30/91/159007/hebat-komputer-pun-bisa-menebak-usia-orang

Tidak ada komentar: